Urutan diagram menunjukkan, sebagai garis vertikal paralel (bertahan hidup), proses yang berbeda atau benda yang hidup bersamaan, dan, sebagai panah horizontal, pesan yang dipertukarkan di antara mereka, dalam urutan di mana mereka terjadi. Hal ini memungkinkan spesifikasi skenario runtime sederhana secara grafis.
Urutan diagram e-mail urutan pesan |
Diagram blok bangunan
Jika garis hidup adalah bahwa suatu objek, hal ini menunjukkan peran. Perhatikan bahwa meninggalkan nama contoh kosong dapat mewakili contoh anonim dan tidak disebutkan namanya.Dalam rangka untuk menampilkan interaksi, pesan yang digunakan. Ini adalah horisontal panah dengan nama pesan yang ditulis di atas mereka.
Panah padat dengan kepala penuh adalah panggilan sinkron, panah solid dengan kepala tongkat adalah panggilan asynchronous dan panah melesat dengan kepala tongkat adalah pesan kembali. Definisi ini berlaku pada UML 2, jauh berbeda dari UML 1.x.Jika penelepon mengirim pesan sinkron, harus menunggu sampai pesan dilakukan, seperti memanggil subrutin. Jika penelepon mengirimkan pesan asynchronous, dapat terus pengolahan dan tidak harus menunggu tanggapan.
Anda melihat panggilan asynchronous dalam aplikasi multithreaded dan middleware berorientasi pesan. Kotak aktivasi, atau metode -kotak panggilan, adalah persegi panjang buram digambar di atas jalur hidup untuk mewakili bahwa proses yang sedang dilakukan dalam menanggapi pesan (ExecutionSpecifications di UML).
Objek memanggil metode pada diri mereka sendiri menggunakan pesan dan menambahkan kotak aktivasi baru di atas setiap orang lain untuk menunjukkan tingkat lebih lanjut pengolahan .
Ketika suatu objek dihancurkan (dihapus dari memori ), X digambar di atas garis hidup, dan garis putus-putus berhenti ditarik bawahnya (hal ini tidak terjadi di contoh pertama meskipun). Ini harus menjadi hasil dari pesan, baik dari obyek itu sendiri, atau yang lain.
Sebuah pesan yang dikirim dari luar diagram dapat diwakili oleh pesan yang berasal dari penuh-dalam lingkaran (pesan ditemukan di UML) atau dari perbatasan urutan diagram (gerbang UML).
UML 2 telah memperkenalkan perbaikan yang signifikan terhadap kemampuan diagram urutan. Sebagian besar perbaikan ini didasarkan pada gagasan fragmen interaksi yang merupakan potongan-potongan kecil interaksi melampirkan. Fragmen interaksi Beberapa dikombinasikan untuk menciptakan berbagai fragmen gabungan, yang kemudian digunakan untuk memodelkan interaksi yang meliputi paralelisme, cabang kondisional, interaksi opsional.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Sequence_diagram