Wednesday 19 August 2015

Metamorfosa dari Calon Pemain Bola Jadi Praktisi IT

Saya ajak kalian flashback sebentar ke tahun 2007, tahun yang mana pada saat itu industri musik indonesia belum semiskin sekarang, dizaman dimana musisi indonesia berlomba keluarin single dan album-album keren dan yang pastinya dizaman saya masih ABEGE dan agak labil, dan dizaman dimana cita-cita saya hanya jadi "Pemain Bola", tapi kabar baiknya saat itu ga kayak sekarang, saat itu saya ga jomblo, saya punya pacar yang sekarang uda jadi dokter gigi, semoga yang bersangkutan tenang dan bahagia dimana pun beliau berada. Dengan status orang paling penting disekolah hidup saya saat itu lumayan menyenangkan kalo saya bandingkan dengan nenek saya yang uda ga bisa makan keripik, karena selain ga jomblo saya juga jadi pejabat OSIS dan secara aklamasi didaulat sebagai Ketua, lumayan keren bukan?


Okeh, kita kembali ketopik, bukan itu yang ingin saya bahas, bukan juga mau kampanye sama kalian kalo saya yang lumayan kece versi majalah fosil ini masih jomblo, asli bukan itu tujuan saya, lupain sejenak tentang mantan pacar saya, dan lupakan selamanya kalo saya pernah keren, tapi kita tetap di tahun yang sama, tahun 2007.

Ditahun itulah pertama kali saya tertarik dengan dunia IT, tahun dimana saya selalu pilih sendirian ketika masuk lab komputer karena ga mau sharing sama temen saya, kalimat terakhir jangan dicontoh, aplikasi paling favorit saat itu adalah Microsoft Power Point, hampir setiap masuk lab saya pasti buat 1 prsentasi karena saya senang dengan efeknya, saat itu saya berasumsi kalo saya sedang membuat sebuah film, oke not bad, tapi dari saat itu hingga sekarang juga saya ga pernah tertarik belajar microsoft excel, enatah kenapa, saya ga suka dengan tampilannya, alasan yang cukup masuk akal tapi tetap gausah dicontoh.

Hingga akhirnya saya melanjutkan keperguruan tinggi, dan saya semakin berjodoh dengan dunia IT setelah saya pilih jurusan Informatika, jurusan yang dulu saya ga ngerti kalo lulus jadi apa, tapi yang saya tau saat itu kalo mau masuk jurusan tersebut minimal harus kenal komputer, oke saya punya syarat tersebut, setelah masuk semseter 2 saya dapat tugas dari kampus untuk membuat sebuah blog, dan saya belom tau blog itu apa hingga akhirnya sekarang saya akrab dengan dunia blogging, tampilan blog pertama saya sangat aneh, norak, lebay, dan nama blognya banyak unsur alay, please kalo masih nemu di goole tolong Report As Spam.

Sebelum makin akrab dengan dunia IT hidup saya tidaklah sesederhana sekarang, sebagai pemuda berkembang saya masih suka nongkrong, aktif di oragnisasi dan aktif sebagai pemain bola yang ga pernah dibayar, hingga akhirnya dunia saya makin sempit secara sosial tapi makin luas secara pemikiran, dari segi sosial keseharian saya hanya disekitaran Keyboard, Monitor dan Mouse dengan bumbu coffe dan koneksi internet, dengan dunia sesempit itu saya masih merasa sebagai mahluk yang paling bahagia dudunia kalo uda ketemu mereka meskipun dalam dunia nyata saya tetaplah seorang jomblo yang kadang hatinya masih suka sepi.

Tambah tahun menggeluti dunia IT saya makin nyaman dan makin tau passion saya, tepat semester 4 dibangku kuliah saya membuat satu program penggajian berbasis dekstop, yang saya bangun dengan Visual Basic 6.0, awalnya emang tugas kampus, tapi setelah tugas berlalu program tersebut saya develop lagi hingga bisa digunakan dengan baik, dan program tersebut saya share gratis non royalti di blog ini, silahkan cari kalo nemu, pake dan modif sesukanya, terus kalo ga nemu, cari lagi sampe ketemu.

Semester 5 saya dikenalkan dengan dunia web, dan karena uda punya basic programming saya tidak terlalu menemukan kesulitan untuk mendalaminya, saya makin tertantang untuk mendalaminya dengan alasan sederhana, kalo program dekstop hanya dilihat internal sedangkan web bisa dilihat dunia, karena saaya orangnya lumayan narsis, saya pilih untuk serius jadi programmer berbasis web ketimbang dekstop, okeh dari situ hingga sekarang saya putuskan untuk jadi seorang professional web developer, dan sudah memiliki bebrapa klien waktu jadi freelance, hingga akhirnya dapat pekerjaan juga sama dengan passion saya, jadi web developer, saya menyebutnya hobby, bukan kerja,

Karena hidup terlalu singkat untuk menghabiskan waktu dengan apa yang sebenarnya tidak ingin kerjakan, dan hidup akan lebih berharga dan bernilai jika melakukan apa yang memang pengen kita lakukan, "My Life My Fassion", Setelah menerjemahkan semuanya saya makin yakin dan mantap untuk memilihnya sebagai jalan hidup, sebelum quote " Do What You Love and Love What You Do" nya "David Bayu" di acara "Berpacu Dalam Melody" ada saya sudah melakukannya terlebih dahulu, dengan melakukan apa yang kita cintai jalan menuju sukses semakin mudah dan hidup tidak penuh dengan Drama.

Oke gaes, Thats it, Thanks For Yor Time and See You....

Previous Post
Next Post
Related Posts