Electronic Commerce (e-commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (Costumers), manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan pedagang perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet.
Menurut Suyanto (2007:7) “E-commerce adalah suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik”.
1. Find it, yaitu mencari produk atau jasa yang akan dibeli.
2. Explore it, yaitu mempelajari produk atau jasa yang akan dibeli.
3. Select it, yaitu memilih dan menyimpan kedalam shopping cart.
4. Buy it, yaitu memproses transaksi pembayaran.
5. Ship it, yaitu mengakhiri proses transaksi atau transaksi sudah berhasil.
Dan untuk metode pembayaran pada umumnya menyediakan tiga metode yaitu:
1. Online Processing Credit card
Bisanya untuk produk yang bersifat retail dimana pasarnya adalah seluruh dunia.
2. Money Transfer
Cara ini lebih aman, namun konsumen dikenai biaya tambahan untuk penyedia jasa money transfer, terutama bila harus mengirim uang ke negara lain.
3. Cash On Delievery
Biasanya hanya dilakukan jika konsumen berada dalam satu kota yang sama dengan penyedia barang atau kota yang berdekatan dengan penyedia barang dan memungkinkan untuk ditempuh dalam perjalanan yang tidak memakan waktu banyak.
Daftar Pustaka :
Daftar Pustaka :
Suyanto, Hermanto Asep. 2007. Step by Step Web Design Theory and Practices. Yogyakarta: ANDI.