Friday 11 October 2013

Cara Memotong String Dalam Php

Sebelumnya mungkin sering lihat dalam website portal,berita dan artikel lainnya yang cuma menampilkan hanya beberapa karakter saja artikel yang dibuat yang kemudian di sediakan link untuk baca detail atau artikel lengkap yang penulis maksud.

Kalian penasaran ngga gimana caranya buat kaya gitu?? *Gue nanya lho?? Jawab napa??
penasaran ngga??? Mo kalian penasaran apa ngga ne postingan bakal lanjut koq mansyur,, hehehe
biasanya niye,,kebanyakan para programmer menggunakan function substr(); untuk memotong string dalam php.. tapi kalo motong kambing musim qurban gini ga bisa yah,, awas salah gunain.. 
dan kalo pun ga pake  function substr();  bukan berarti dia bukan seorang programmer,, bisa saja dia penari latar..
[Bisa Jadi] *Eat Bulaga

 Function substr(); ini berguna untuk memenggal kalimat atau memotong beberapa karakter saja yang ingin ditampikan,, simak studi kasus berikut :

Kalimat "Saya Ingin Naik Haji besok"

Jika tidak menggunakan function substr(); defaultnya browser akan print menjadi "Saya ingin naik haji besok".

Dan sekarang kita akan coba hanya menampilkan kalimat diatas cuma sampai "Saya Ingin" maka coding yang harus kita buat adalah dengan menambahkan substr(); sebelum kalimat tersebut,dengan menghitung jumlah karakter yang akan kita potong mulai dari nol,untuk menampilkan kalimat diatas cuma sampai kata  saya ingin maka kita harus memotongnya dari 0-9 karakter..
Dan scriptnya akan jadi seperti ini


<?php
$kalimat="Saya ingin naik haji besok";
$print= substr($kalimat,0,9);
echo $print;
?>

Maka hasil fungsi datas akan menampilkan saya ingin

Nah sekarang terserah anda saja mau menampilkan berapa kalimat dari string tersebut, biar lebih jelasnya akan saya jelaskan dengan contoh dibawah ini dengan masih menggunakan kalimat diatas,,


<?php
$kalimat="Saya ingin naik haji besok";
$print= substr($kalimat,0,13);
echo $print;
?>
Maka hasil fungsi datas akan menampilkan saya ingin naik

Dan jika artikel yang akan  print data sudah menggunakan  database gunakan fungsi dibawah ini
<?php
 include"koneksi.php";
 $sql = "SELECT id,isi  FROM news";
 $result = mysql_query($sql);
while ($row = mysql_fetch_array($result))   
{
echo"<table border='0'>";
echo"<tr>";
echo"<td>".substr($row['isi'], 0,250)."</td>";
echo"</tr>";
echo"</table>";

?>



Sekian dulu penjelasan tentang cara memotong string dalam php,, mudah-mudahan berguna buat semuanya.. dan jika kalian mengalami kesulitan silahkan komentar dan akan penulis bantu,, thank you for visit byeee...



Previous Post
Next Post
Related Posts