Sunday 16 June 2013

Activity Diagram

Activity diagram adalah representasi grafis dari workflow dari kegiatan dan tindakan bertahap  dengan dukungan untuk pilihan, iterasi dan concurrency. Dalam Unified Modeling Language , diagram aktivitas dimaksudkan untuk model kedua proses komputasi dan organisasi (yaitu workflow). Activity diagram menunjukkan aliran keseluruhan kontrol.
Activity diagram dibangun dari sejumlah bentuk, dihubungkan dengan panah. Jenis Bentuk yang paling penting:
  • persegi panjang bulat merupakan tindakan;
  • berlian merupakan keputusan;
  • bar mewakili awal (split) atau akhir (bergabung) kegiatan bersamaan;
  • lingkaran hitam merupakan awal (initial state) dari alur kerja;
  • lingkaran hitam dikelilingi mewakili akhir (keadaan akhir).
Panah dijalankan dari awal menuju akhir dan merupakan urutan kegiatan terjadi.
Oleh karena itu mereka dapat dianggap sebagai bentuk flowchart . Teknik flowchart Khas kekurangan konstruksi untuk mengekspresikan concurrency . Namun, bergabung dan simbol perpecahan dalam diagram aktivitas hanya menyelesaikan ini untuk kasus-kasus sederhana, makna dari model tersebut adalah tidak jelas kapan mereka sewenang-wenang dikombinasikan dengan keputusan atau loop.
 
Sementara di UML 1.x, diagram aktivitas adalah bentuk khusus dari diagram negara, di UML 2.x, diagram aktivitas yang reformalized harus didasarkan pada Petri net -seperti semantik, meningkatkan cakupan situasi yang dapat dimodelkan menggunakan diagram aktivitas. Perubahan ini menyebabkan banyak UML diagram aktivitas 1.x untuk ditafsirkan berbeda dalam UML 2.x

Simbol Activity Diagram 

Simbol Activity Diagram

 


Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Activity_diagram
Previous Post
Next Post
Related Posts